Mengenal Apa Itu Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools atau yang sering dikenal google search console dikalangan para praktisi website dan blog adalah merupakan layanan gratis.

Mengenal Apa Itu Google Webmaster Tools


Mengenal Apa Itu Google WebmasterTools - Google Webmaster Tools atau yang sering dikenal dengan istilah google search console dikalangan para praktisi website dan blog adalah merupakan layanan gratis yang dimiliki oleh perusahaan raksasa pengembang mesin telusur google. Google Webmaster Tools dapat membantu untuk memantau performa kinerja sebuah webisite atau blog disekitar area pencarian, mempertahankan peringkat pada halaman pencarian, dan membantu memecahkan masalah jika sebuah situs web mengalami kendala pada mesin pencarian google.

Setiap praktisi website atau blogger wajib hukumnya untuk mengetahui fungsi serta cara penggunaan Google Webmaster Tools. Tampil dan tidaknya suatu website pada halaman hasil pencarian mesin telusur seperti google ditentukan oleh keberhasilan dalam menggunakan google webmaster tools. Dengan kata lain google webmaster tools adalah pintu gerbang utama bagi setiap para praktisi website atau blogger yang ingin mempubikasikan situs webnya pada halaman pencarian google untuk dapat ditelusuri secara publik.

Istilah umum yang dikenal oleh kalangan para praktisi blogger dalam mempublikasikan situs web pada mesin pencarian adalah indexing atau pengindekan. Meskipun blog atau website telah berhasil dibuat serta sudah memiliki isi konten yang siap untuk dipromosikan, tetap saja tidak akan berguna apabila belum dilakukan proses indexing atau pengindekan. Situs yang belum melewati tahap indexing pada google webmaster tools tidak akan tampil pada halaman hasil pencarian. Sebagus apapun website, sekaya apapun kata kunci, jika belum terindex mesin telusur pencarian maka situs tersebut tidak akan tampil pada halaman hasil pencarian.

Fungsi utama Google Webmaster Tools untuk website.

1. Melakukan proses indexing pada mesin pencarian.

Sebuah situs web perlu didaftarkan pada google webmaster tools agar dapat tampil pada halaman hasil pencarian. Proses ini dinamakan indexing atau pengindeksan. Properti domain atau url perlu di submit pada mesin pencarian. Bahkan seluruh isi postingan perlu melakukan proses indexing apabila ingin segera tampil pada hasil pencarian. Proses pengindekan biasanya berlangsung satu hari terkadang juga bisa lebih lama. Hal ini tergantung dari antrian robot spider yang bekerja mengcrawl seluruh website yang didaftarkan pada mesin pencarian google.

Selain properti domain dan url yang disubmit pada webmaster google tools, sitemap atau peta situs sebuah website juga perlu untuk didaftarkan. Area submit peta situs disedikan secara khusus oleh webmaster google tools dengan format url utama diakhiri /sitemap.xml. Peta situs atau sitemap akan lebih cepat terindex. Hal ini dikarenakan peta situs memiliki keterkaitan secara otomatis dengan perubahan yang terjadi pada sebuah situs web terutama pada bagian postingan. Website yang sudah SEO pada halaman pencarian google, biasanya akan lebih cepat terindex melalui peta situs atau sitemap yang telah didaftarkan sebelumnya.Cara submit website ke google webmaster tools.
  • Masuk pada halaman google console webmaster.
  • Masukan properti website pada google search console.
  • Setelah masuk silahkan lakukan pengindeksan atau inspeksi setiap url bagian website.
  • Masukan properti sitemap.xml pada bagian peta situs.
  • Diusahakan dalam satu hari tidak lebih dari 5 ( lima ) url yang disubmit. Hal ini menjaga agar hasil proses pengindeksan tidak berlangsung selama berhari – hari.

2. Memantau eksistensi sebuah website tampil pada halaman google.

Setelah sebuah website terdaftar pada google webmaster tools, fungsi webmaster selanjutnya adalah memberikan laporan performa kinerja mengenai eksistensi website tersebut pada halaman pencarian google. Seperti misalnya jumlah trafik organik yang masuk pada website tersebut, seberapa lama dan banyak website tersebut tampil pada halaman pencarian, dari mana visitor berasal dan juga bagaimana perkembangan website tersebut dari waktu ke waktu. Laporan kinerja yang ditampilkan mungkin hanya pada bagian pokok tertentu saja. Selanjutnya apabila ingin mengetahui performa secara detail, google menyediakan tempat khusus untuk pemantauan lalu lintas pada bagian layanan google analitik secara terpisah.

3. Menjaga agar website tetap sehat pada mesin pencarian.

Google Webmaster Tools membantu memperbaiki sebuah situs apabila terjadi masalah pada saat pengindeksan, spam ataupun masalah lainnya. Pemberitahuan akan segera dilaporkan apabila terjadi trouble seperti yang telah disebutkan. Tidak hanya itu, webmaster google juga menyertakan notifikasi berupa solusi untuk segera memperbaiki masalah terkait agar website dapat berjalan normal seperti sebelumnya. Kinerja audit webmaster google ini dilakukan secara berkala setiap waktu guna memastikan sebuah website tetap terjaga. Terkecuali untuk halaman yang tidak diindeks oleh webmaster google, maka robot spider akan mengecualikannya.

Masih banyak lagi fungsi dan kegunaan google webmaster toosl untuk sebuah website yang ingin performanya tetap stabil dan terjaga pada halaman mesin pencarian. Tools lain yang disediakan seperti penghapus url yang sudah tidak berfungsi, pengukur sekor kecepatan website dan lain sebagainya, bisa dipelajari sambil dipraktikan oleh Anda sendiri.

Demikian ulasan tentang Mengenal Apa Itu Google Webmaster Tools yang dapat dipaparkan. Semoga para pembaca dapat memetik pelajaran dari postingan ini. Akhir kata sampai jumpa pada postingan berikutnya.
SEO
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.