Belajar SEO Dasar Untuk Pemula

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara belajar seo dasar untuk pemula secara ringkas dan mudah difahami oleh seluruh pembaca.
Belajar SEO Dasar Untuk Pemula


Belajar SEO Dasar Untuk Pemula - Belajar seo itu sebenarnya sangat mudah bagi sebagian orang yang sudah memahami konsepnya. Akan tetapi akan terasa sulit bagi orang yang belum memahami seperti apa peta pelajaran seo atau konsep dasar seo yang sesungguhnya.
Belajar seo google sebenarnya tidak terlalu rumit namun akan sangat sukar untuk dipahami jika orang yang belajar seo tersebut tidak mengetahui tentang bagaimana cara kerja google menilai baik atau buruknya kualitas seo sebuah konten.

Belajar seo artinya mempelajari bagaimana cara kerja sistem algoritma suatu mesin pencarian terhadap sebuah konten agar dapat tampil optimal pada halaman mesin pencarian seperti google. Sejatinya arti SEO adalah search engine optimation yakni optimasi pada mesin pencarian.

Keuntungan belajar seo sangatlah banyak. Diantaranya adalah anda dapat memaksimalkan pemasaran bisnis yang tentunya apabila anda merupakan seorang entrepreneur. Melalui seo biaya pemasaran akan semakin ringan terutama jika anda melakukan optimasi pada mesin pencarian seperti google.

Lalu bagaimana cara belajar seo dasar untuk pemula yang baik dan benar ?

Cara belajar seo dasar untuk pemula yang baik adalah dengan terus mengasah kemampuan analisa suatu halaman atau konten yang ditampilkan pada mesin pencarian. Anda dapat mempelajari konten yang ditampilkan pada halaman utama seperti google.

Daftar judul atau konten yang ditampilkan pada halaman pertama google biasanya disebut konten yang menempati peringkat atau posisi page one. Dan biasanya juga halaman tersebut sudah teroptimasi dengan teknik seo yang sangat baik. Dari mulai keyword, judul, isi konten serta tautan yang mengarah pada halaman tersebut tentunya sudah memenuhi kriteria seo suatu mesin pencarian.

Belajar SEO Dasar Bagi Pemula

Pelajaran pertama belajar SEO adalah memahami konsep dasar SEO. Pahami arti bahwa Belajar SEO dapat meningkatkan volume pengunjung atau visitor suatu halaman sebuah website atau blog secara organik dari mesin pencarian seperti google.

Mesin pencari seperti Google akan senantiasa menampilkan hasil pencarian berupa daftar website sesuai dengan kata kunci yang diinginkan oleh orang yang mencari informasi melalui internet. Artinya website Anda akan ditemukan apabila kata kunci yang diketikan pada mesin pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan sebelumnya.

Konsep Dasar SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung atau visitor suatu halaman website pada mesin telusur seperti google. belajar seo website dan belajar seo blog menjadi hal yang sangat wajib dan sangat penting untuk difahami apabila Anda merupakan seorang pengelola website atau blog.

Melalui SEO, website Anda akan mudah ditemukan oleh banyak orang. Namun konteks mempelejari SEO ini memerlukan waktu yang relatif lama dalam penerapannya.
Pengertian SEO
Pengertian Search Engine Optimization atau SEO adalah segala upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website agar mendapatkan ranking teratas pada halaman mesin telusur pencarian seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Dengan posisi peringkat yang bagus pada halaman mesin telusur pencarian, website akan memiliki potensi mendapatkan jumlah pengunjung organik lebih tinggi. Selain menghasilkan traffic organik yang tinggi, SEO juga mampu mendatangkan traffic yang tepat bagi sebuah website atau blog sesuai dengan kata kunci yang diterapkan sebelumnya.

Jenis - jenis SEO

Ada dua jenis SEO yang umum diketahui, yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

1. SEO on page

SEO On-page adalah teknik optmasi SEO yang dilakukan dari dalam situs web itu sendiri. Diantaranya seperti, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema yang responsif, hingga internal linking serta tag - tag strategis yang dapat mempengaruhi kinerja SEO lainnya.

2. SEO off page

SEO Off Page merupakan hal yang berbeda dari SEO On Page. SEO Off Page adalah serangkaian langkah optimasi yang dilakukan dari luar website. Misalnya Backlink atau pranala link. Backlink ini merupakan URL perujuk yang akan mengarahkan mesin pencarian menuju pada halaman suatu website.

Semakin bagus suatu backlink yang merujuk pada website Anda, maka akan semakin bagus juga tingkat kualitas seo website pada halaman mesin pencarian. Tentunya ini menjadi sinyal penting dalam belajar seo dasar untuk pemula terutama untuk pemahaman para blogger baru.

Bagaimana Cara membuat seo untuk website atau blog ?

Cara Membuat SEO Website

1. Riset Kata Kunci

Sebelum membuat artikel blog seo, ada baiknya Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Ada beberapa tools gratis yang dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Misalnya Google Keyword Planner, Ubersuggest dsb. Selain itu pergunakan juga Google Trend agar Anda dapat melihat peristiwa apa yang sedang trending saat ini.

Dengan melakukan riset kata kunci yang banyak dicari, blog atau postingan memiliki potensi untuk tampil lebih banyak pada halaman mesin pencarian seperti google. Oleh sebab itu cara riset kata kunci di google merupakan indikasi penting dalam belajar seo dasar untuk pemula seperti Anda.

2. Membuat Artikel SEO Berkualitas

Postingan berkualitas ialah postingan yang memiliki nilai lebih dimata pembaca dan juga SERP. Postingan berkualitas tentu bukanlah postingan hasil plagiat atau copy paste dari artikel lainnya. Google menggunakan robot crawler yang canggih sehingga dapat cepat mengenali konten hasil plagiat.

Postingan berkualitas ialah postingan original hasil tulisan sendiri yang mengandung unsur SEO. Artinya konten yang ditulis tersebut memenuhi kriteria google seperti adanya kata kunci, bukan hasil plagiasi, serta mengikuti aturan komunitas yang tela ditetapkan.

3. Optimasi Webmaster

Setelah mempublikasikan postingan, selanjutnya adalah mendaftarkan link postingan pada halaman webmaster seperti google, bing, yahoo, dsb. Hal ini perlu dilakukan agar konten yang telah di posting sebelumnya dapat diindex oleh mesin telusur sehingga akan secepatnya muncul pada halaman pencarian.

Melalui webmaster, web atau blog akan mendapat bilah informasi serta arahan penting apabila terdapat masalah pada bagian halaman suatu blog atau website. Memahami kinerja webmaster tools merupakan tahapan pertama dalam belajar seo dasar untuk pemula.

3. Optimasi Backlink ( In Bond dan Out Bond )

Backlink atau pranala link adalah tautan link yang mengarah pada halaman atau postingan suatu website. Backlink sangan penting difahami dalam belajar seo dasar untuk pemula. Backlink antar postingan disebut dengan inbond link dan backlink yang berasal dari luar disebut outbond link.

Inbond link memiliki peran yang sangat penting dalam penerapan seo. Dengan memberikan tautan antar postingan, bot crawler akan lebih cepat mengenali sebuah situs web apabila kata kunci yang dtargetkan relevan dengan keyword yang dicari visitor.

Sementara penerapan outbond link dapat dilakukan melalui share di social media, melakukan social bookmarking, atau melakukan blog walking. Postingan yang berkualitas tentu akan cenderung lebih banyak mendapatkan backlink berkualitas.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya visitor yang melakukan share tanpa disadari oleh pemilik website tersebut. Website yang berkualitas tentu akan selalu dijadikan sumber referensi oleh para pembaca.

4. Optimasi Kecepatan Website

Kecepatan website akan sangat mempengaruhi SEO. Website yang memuat halaman lebih cepat tentu akan cenderung disukai oleh pembaca. Bukan hanya pembaca, google pun sangat menyukai website yang mempunyai kecepatan tinggi.

Hal ini dikarenakan dapat memangkas waktu menjadi lebih efisien. Cara optimasi kecepatan website diantaranya adalah dengan mengoptimasi template, mengkompresi gambar berukuran besar, serta membuang widget java script yang menggangu pada saat proses pemuatan halaman.

Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu dilakukan dalam penerapan atau mempraktikan SEO. Namun secara garis besar, keempat kategori yang disebutkan diatas merupakan kunci dalam melakukan optimasi SEO.

Apabila keempat point diatas dapat dilakukan dan dikembangkan dengan baik, maka tidak akan menutup kemungkinan website Anda akan memiliki sekor SEO lebih baik dari pada sebelumnya. Demikian ulasan tentang belajar SEO dasar untuk pemula semoga bermanfaat.
SEO
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.